Penulis / NIM
SATIRA MAHABU / 221411173
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
Satira Mahabu : NIM 221411173, Meningkatkan Pemahaman Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X-B Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Randangan. Skripsi 2013 Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas
ilmu sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan: Revoltje O.W.
Kaunang selaku pembimbing satu dan Ibu Ibu Julaeha Ngiu selaku pembimbing
dua.
Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini, Apakah
melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di
kelas X-B Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Randangan? Untuk itu,
pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini
adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kegiatan belajar mengajar.
Penelitan tindakan kelas ini mengharapkan dampak yang positif
terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa, disamping dapat
memberikan rujukan bagi guru lainnya dalam upaya perbaikan proses
pembelajaran. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah:
Dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X-B 1 SMA Negeri 1 Randangan
Kabupaten Pohuwato "Berhasil".
Kata kunci: Pemahaman, Cooperative Script.
Download berkas