Penulis / NIM
YUYUN ABDULLAH / 221412008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Yuyun Abdullah (Yun) 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Time Quiz pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc dan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belaja rsiswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Time Quiz pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Time Quiz. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan criteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 33%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 69%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 8 orang atau 34%. Pertemuan 2 : jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 62%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 91%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 15 orang atau 63%. Pertemuan 3 : jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 87%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 97%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 22 orang atau 92%.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Time Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia.
Kata Kunci: HasilBelajar, Model Time Quiz.
Download berkas