Penulis / NIM
NURHAYATI UTINA / 221412010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX3 SMP Negeri 1 Tilango pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa Kelas IX3 SMP Negeri 1 Tilango.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang di ajarkan khususnya mata pelajaran PPKn. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Creative Problem Solving.
Pada penelitian ini, hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai presentase 33% atau 7 siswa yang tuntas pada mata pelajaran PPKn dari 21 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya tetapi belum mencapai indikator ketuntasan minimal, pada pertemuan kedua mendapatkan 60% atau 13 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan dari 21 siswa dan setelah dilakukan pertemuan ketiga maka standar ketuntasan hasil belajar siswa telah tercapai yakni 87% atau 18 siswa tuntas dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil yang sangat baik.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Creative Problem Solving.
Download berkas