Penulis / NIM
CINDRAWATI K BAMI / 221412012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
ABSTRAK
CINDRAWATI K. BAMI, 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Gelach And Ely Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bone Raya. Skripsi. Pembimbing I :Dr.Hj Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II : Asmun W.Wantu, S.Pd,M.Sc. program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 1 bone raya, kecamatan bone raya, kabupaten bone bolango. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran gerlach and ely di kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 1 bone raya, kecamatan bone raya, kabupaten bone bolango.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Gerlach And Ely. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan. Subjek peneliti adalah kelas VIII yang berjumlah 26 orang terdiri dari laki-laki 11 orang siswa dan perempuan 15 orang siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan 1yaitu motivasi belajar siswa mencapai 65,72% dan pada pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,00% adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Gerlach And Ely maka motivasi belajar siswa akan meningkat khususnya di kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 1 bone raya, kecamatan bone raya, kabupaten bone bolango.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Gerlach And Ely.
Download berkas