Penulis / NIM
VIVI SUWELEH / 221412013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
VIVI SUWELEH. NIM : 221 412 013, 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan metode Pembelajaran Card Sort di kelas VII1SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Yang di bawah bimbingan I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.PD dan bimbingan II Asmun W. Wantu, S.Pd, M. Sc.
Dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan-permasalahan yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII1 di sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango, Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Dengan ini tuuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran card sort dikelas VII1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Penellitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran card sort. Dalam penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan yang jumlah siswanya terdiri dari 23 orang siswa diantaranya laki-laki terdiri 13 orang dan perempuan terdiri dari 10 orang siswa.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti telah ditemukan masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu pada siklus I pertemuan I yang tuntas hanya mencapai 56% atau sebanyak 13 orang siswa dan 10 orang siswa atau 44% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus I pertemuan I maka diadakan siklus I pertemuan II yaitu siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 21 oramg atau 91% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 9%. Sehingga dapat disimpulkan dengan diadakan siklus I pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus I pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus I pertemuan I maka motivasi belajar siswa menngkat khusunya di kelas VII1 yaitu sebanyak 91% atau 21 orng yang memilki nilai sangat baik.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran card sort diterapkan dengan baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama di kelas VII1 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Card Sort .
Download berkas