Penulis / NIM
ISKANDAR S DJOU / 221412016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
ISKANDAR S. DJOU, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan menggunakan metode pembelajaran Otentik (outentic learning) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH., MH, dan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd.
Dalam Penelitian ini ditandai dengan adanya permasalahan-permasalahan yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Maka hal itu Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran otentik Outentik learning di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran otentik (ountentik learning). Dalam hal ini penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan.
Dalam paparannya melihat hasil dari penelitian siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 68 % atau sebanyak 15 orang siswa artinya masih ada 7 orang siswa atau 32% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus 1 pertemuan 1 maka diadakan siklus 1 pertemuan II , hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 18 orang atau 82% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 4 orang atau 18% .sehingga dapat disimpulkan dengan diadakan siklus 1 pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus 1 pertemuan 1 maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 82 % atau 18 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 22 siswa dikelas VIII-2.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajran otentik (outentik learning) apabila diterapkan dengan baik maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Metode Pembelajaran Otentik (outentik learning)
Download berkas