Penulis / NIM
MEY SILAWATI WANTOGIA / 221412018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
MEYSILAWATI WANTOGIA, 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Melalui Model pembelajaran Role Playing Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Bonebolango. Skripsi. Pembimbing I : Maisara Sunge S.H.,M.H, Pembimbing II : Dr.Hj. Zulaecha Ngiu,M pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Bonebolango. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Bonebolango.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perkembangan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Secara jelas dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) yakni Pertemuan I : Dalam paparannya melihat hasil dari penelitian siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 68 % atau sebanyak 15 orang siswa artinya masih ada 7 orang siswa atau 32% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus 1 pertemuan 1 maka diadakan siklus 1 pertemuan II , hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 18 orang atau 82% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 4 orang atau 18% .sehingga dapat disimpulkan dengan diadakan siklus 1 pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus 1 pertemuan 1 maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 82 % atau 18 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 22 siswa dikelas VIII-2.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VIII SMP Negeri 01 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Bonebolango
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Role Playing
Download berkas