Penulis / NIM
ISMET DJ. PONTOH / 221412019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Ismet Dj. Pontoh. 221 412 019. 2017."Meningkatkan Aktivitas Diskusi Kelompok Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidkan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama''. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH, MH, Pembimbing II Asmun W Wantu, S.Pd,M.Sc. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas diskusi kelompok siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIIIB SMP Negeri 9 Gorontalo.?
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian guru pengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa Kelas XIIB SMP Negeri 9 Kota Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas diskusi kelompok pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Picture And Picture
Pada penelitian ini, dari aktivitas diskusi kelompok siswa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai presentase 36% atau 10 siswa yang tuntas pada mata pelajaran PPKn dari 28 siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada pertemuan kedua maka aktivitas diskusi kelompok siswa telah tercapai yakni 86% atau 24 siswa tuntas dalam pembelajran dan mendapatkan hasil yang baik.
Dari penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas diskusi kelompok siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture telah tercapai dan mendapatkan hasil yang baik.
Kata Kunci: Aktivitas Diskusi Kelompok, Pembelajaran Picture and Picture
Download berkas