Penulis / NIM
NURSIA GOBEL / 221412022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
NURSIA GOBEL, 2018.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning di Kelas VIII-1SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs, Revoltje O.W Kaunang, M.Pd, dan Pembimbing II Rasid Yunus, S.Pd,.M.Pd.
Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui sejauh mana hasil belajar siswadengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning di kelas VIII-1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini menggunakanMetode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan pembelajaranMastery Learning. Dalam hal ini penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi 1) Lembar Hasil Pengamatan Aktivitas Guru 2) Lembar Hasil Pengamatan siswa selama mengikuti pembelajara 3) data hasil belajar siswa pada setiap pembelajaran.
Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis tindakan, bertahap dan berkesinambungan pada setiap akhir siklus. Baik dari aktivitas guru dalam memberikan materi melalui pendekatan pembelajaran Mastery Learning serta aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam menggunakan pendekatan pembelajaran Mastery Learning.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siklus I pertemuan I siswa yang tuntas mencapai 39% atau sebanyak 9 orang siswa artinya masih ada 14 orang siswa atau 61% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus I pertemuan I maka diadakan siklus I pertemuan II , hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 14 orang atau 61% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 9 orang atau 39% karena masih terdapat 9 orang siswa yang belum tuntas maka dilanjutkan siklus I pertemuan III . Jadi dapat disimpulkan Bahwa dengan diadakan siklus I pertemuan III sebagai perbaikan dari siklus I pertemuan II maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 91 % atau 21 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 23 siswa dikelas VIII1.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan Pendekatan Pembelajran Mastery Learningapabila diterapkan dengan baikmaka dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, PPKn, Pendekatan Pembelajaran Mastery
Learning
Download berkas