SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI BADARU / 221412023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK DEWI BADARU, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Model Index Card Match Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 SATAP Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I: Asmun W. Wantu, S. Pd, M. Sc, Pembimbing II : Rasid Yunus, S. Pd, M. Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 SATAP Tabongo Kabupaten Gorontalo. Selama proses pembelajaran, partisipasi siswa hanya mencatat dan mendengarkan penjelasan guru, sehingga tidak jarang siswa bermain-main sendiri saat guru sedang menerangkan pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran index card match pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 SATAP Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran index card match. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VII sebanyak 16 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 44 %, kemudian setelah diadakan perbaikan pada pertemuan kedua hasilnya meningkat menjadi 81 % dari 16 orang jumlah siswa di kelas VII. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menggunakan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VII SMP Negeri 2 SATAP Tabongo Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Index Card Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011