Penulis / NIM
YUSRAN ATUNA / 221412026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
YUSRAN ATUNA. NIM : 221 412 026.��Ã..."Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Generatif di kelas IX 2 SMP Negeri 6 Gorontalo, Fakultas IImu Sosial , Jurusan IImu Hukum Kemasyarkatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Yang di bawah Bimbingan I Asmun w. wantu, S.Pd, M.Sc Dan Bimbingan II Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Penelitian in menggunakan motede PTK.Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar hasil pengamatan aktivitas guru, peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.Tehnik analisis data diperoleh dari hasil observasi dan evalua serta data hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan I rata ��" rata motivasi belajar siswa diperoleh yakni 7 orang atau 23% yang tuntas , setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan ke II meningkat menjadi 26 orang atau 96% dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelaran Generatig diterapkan dengan sangan baik dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama dikelas IX2 SMP negeri 6 Gorontalo.
Kata kunci : Motivasi belajar PPKn, Model Pembelajaran generatif,
Download berkas