Penulis / NIM
YOLANDA ALI / 221412027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
YOLANDA ALI, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Model Word Square Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Pembimbing I : Asmun W. Wantu, S. Pd, M. Sc, Pembimbing II : Rasid Yunus, S. Pd, M. Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perkembangan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Secara jelas dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) yakni Pertemuan I : Jumlah siswa 21 orang terdiri dari laki " laki 10 orang dan perempuan 11 orang hasil lembar kegiatan guru yakni : (71%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B).Lembar observasi kegiatan siswa 2 aspek (43%) kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 9 0rang (43%). Pertemuan II : Jumlah siswa 21 orang terdiri dari laki " laki 10 orang dan perempuan 11 orang. Hasil observasi kegiatan guru yakni : 14 (100%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) , lembar observasi kegiatan siswa 1 (80%) pada kriteria sangat baik (SB), dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 20 orang (88%).
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VIII SMP Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Word Square
Download berkas