Penulis / NIM
EFRIANSYAH A. K. MOLAHER / 221412030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
EFRIANSYAH A.K. MOLAHER, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Number Head Together di Kelas VII-A SMP Negeri 3Gorontalo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I :Hj. Maisarah Sunge, SH, MH Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gorontalo Kecamatan Kota Tengah Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together di kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gorontalo Kecamatan Kota Tengah Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Number Head Together. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VII-A sebanyak 11 laki-laki dan 11 perempuan.
Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 59 %, kemudian setelah diadakan perbaikan pada pertemuan kedua hasilnya meningkat menjadi 82 % dari 22 orang jumlah siswa di kelas VIIA.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VIIA SMP Negeri 3 Gorontalo Kecamatan Kota Tengah Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : HasilBelajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
Pembelajaran. Number Head Together
Download berkas