Penulis / NIM
ARIYANTO NGGILU / 221412034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
ARIYANTO NGGILU, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIII-I Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I : Asmun W. Wantu, S.Pd.,M.Sc. Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd.,M.Pd. Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII-I Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token di kelas VIII-I Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Time Token. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VIII-I yang berjumlah 35 orang terdiri dari laki-laki 16 orang siswa dan perempuan 19 orang siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama yaitu hasil belajar siswa mencapai 65,72% dan pada pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 80.00%.
Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Time Token maka hasil belajar siswa akan meningkat khususnya di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Gorontalo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Time Token.
Download berkas