SKRIPSI

Penulis / NIM
DJAFAR RAHMAN / 221412035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK DJAFAR RAHMAN Nim. 221 412 035. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas X-ips3 Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai aktivitas belajar siswa kelas X-ips3 SMP Negeri 4 Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example di kelas X-ips3 SMP Negeri 4 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode diskusi. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan siswa dan guru dengan menganalisis data untuk mengetahui peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus dua kali pertemuan. Yakni pertemuan pertama diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa 61%, dan pertemuan dua meningkat menjadi 86% atau mencapai kriteria ketuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas X-ips3 SMA Negeri 4 Gorontalo. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Model Example Non Example.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011