Penulis / NIM
DJAFAR RAHMAN / 221412035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK
DJAFAR RAHMAN Nim. 221 412 035. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas X-ips3 Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini mengenai aktivitas belajar siswa kelas X-ips3 SMP Negeri 4 Gorontalo.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example di kelas X-ips3 SMP Negeri 4 Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode diskusi. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan siswa dan guru dengan menganalisis data untuk mengetahui peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus dua kali pertemuan. Yakni pertemuan pertama diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa 61%, dan pertemuan dua meningkat menjadi 86% atau mencapai kriteria ketuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas X-ips3 SMA Negeri 4 Gorontalo.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Model Example Non Example.
Download berkas