Penulis / NIM
RESTRIA PAPUTUNGAN / 221412037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
PENERAPAN ACTIVE LEARNING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII3 DI SMP NEGERI 1 TILANGO
ABSTRAK
RestriaPaputungan (Dhea) NIM 221 412 037. Penerapan active learning guna mening meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII3 di SMPN 1 Tilango. Skripsi. Program PendidikanPendidkan PancasiladanKewarganegaraan. JurusanStudiIlmuHukumdanKemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.2016 dibawah Bimbingan Asmun W. Wantu, S.Pd,.M. ScdanRasidYunus, S.Pd,.M.Pd. Penelitianini di latar belakangi oleh masalah kurangnya motivasi belajarsiswa di kelas VIII3 SMPN 1 Tilango. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning denganmenggunakanMetode Student Created Case Study.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, ditemukan beberapa hal yaitu : Padasiklus 1 pertemuan 1 berdasarkan hasil pengamatan ditemukan masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai KKN dari jumlah siswa 23 orang. Hasil yang temukan pada siklus 1 pertemuan 1 menunjukan hawa siswa belum memahami betul materi yang di ajarkan, masih terdapat beberapa siswa yang belum memahami model pembelajaran yang di terapkan. Hasil evaluasi proses dan hasil tindakan pada Siklus 1 pertemuan 2 ditemukan dengan menggunakan model pembelajran active learning terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dapat di lihat dari: siswa sudah lebih siap sebelum pembelajaran berlangsung, antusiasme siswa meningkat saat pembelajarn berlangsung, partisipasi siswa meningkat.
Kesimpulan dan saran : Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Active Learning MampuMeningkatkan Motivasi Belajar siswa
Kata Kunci : Model Ac tive Learning, MotivasiBelajarsiswa
Download berkas