Penulis / NIM
NUR' AINI A.R. BAKARI / 221412040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
NUR AINI A.R BAKARI, 2019.Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan menggunakan model pembelajaran BelajarKooperatifTipeLingkarankecil-Lingkaranbesar ( inside-outside-cirle ) di Kelas VII-2SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I ibuAsmun W Wantu,S.Pd,M.ScdanbapakRasidYunus, S.Pd,.M.Pd.
Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui sejauh mana motivasi belajar siswadengan menggunakan metode pembelajaran KooperatifTipeLingkaranKecil-LingkaranBesar ( inside-outside-circle )di kelas VII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran KooperatifTipeLingkaranKecil-LingkaranBesar( inside-outside-circle ). Dalam hal ini penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan.
Tekhnik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut:Lembar hasil pengamatan aktivitas guru dalam memberikan, Lembar hasil pengamatan aktifitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran, Data hasil belajar peserta didik pada setiap pembelajaran.
Data yang sudah diperoleh dari hasil observasi dan evaluasi dianalisis secara seluruh baik dari observasi aktifitas guru dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar (inside-outside-circle) maupun data aktivitas siswa dalam menerima materi pembelajaran serta data hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran KooperaatifLingkaran Kecil Lingkaran Besar (inside-outside-circle).
Hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 18 orang atau 82% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 4 orang atau 18% .sehingga dapat disimpulkan dengan diadakan siklus 1 pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus 1 pertemuan 1 maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 82 % atau 18 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 20 siswa dikelas VII-2..
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar ( inside-outside-circle )apabila diterapkan dengan baikmaka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama di kelas VII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, PPKn, Metode Pembelajaran KooperatifTipelingkarankecil-lingkaranbesar ( inside-outside-circle )
Download berkas