Penulis / NIM
AROMAN TANAIYO / 221412043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Aroman Tanaiyo. 2019, 221412043MeningkatkanHasilBelajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKnDengan Model Pembelajaran Vak fleming Kelas XI IPS Madrasa Aliyah Pinogaluman . Skripsi.Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi Pkn, Fakultas Ilmu Social Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Se selaku pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa terkait materi ajar khususnya pelajaran PPKn. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vak Fleming. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Pinogaluman
Datayang diperoleh dari hasil penelitian mengalami peningkatan. Hasil belajar yang awalnya masih terhitung rendah mengalami perubahan dengan adanya penelitian dengan menggunakan dua siklus dalam dua kali pertemuan dengan materi yang sama tapi dengan sub bab yg berbeda dan dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai persentase 38,5% atau 10 siswa yang tingkat hasil belajarnya sudah tergolong kriteria sangat baik dari jumlah keseluruhan 27 siswa yang di ajar. Dalam siklus I pertemuan pertama ini masi terhitung rendah karena hanya sebagian siswa yang aktif dalam proses pembelajaran, maka dari itu, dilanjutkan ke siklus II pertemuan kedua dengan tujuan agar keseluruhan siswa mendapatkan nilai hasil belajar yang sangat baik. Siklus II pertemuan kedua ini mempunyai persentase yang mengalami peningkatan yaitu 92,5% atau 25 siswa dari jumlah keseluruhan 27 siswa yang sudah tergolong kriteria sangat baik.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn dengan menggunakan model pembelajaran Vak Fleming tercapai dan mengalami peningkatan yang baik.
Kata Kunci :Hasil Belajar,PPKn, Model Vak Fleming
Download berkas