SKRIPSI

Penulis / NIM
KURNIA SANDI ASINANG / 221412045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
ABSTRAK KURNIA SANDI ASINANG. 2018. â�Å"Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kabupaten Bolaang Mongondow Timur�. Skripsi. Jurusan S1 Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Zulaecha Ngiu, M.Pd. pembimbing (II) Dr. Dra. Hi. Lucyane Djaafar, M.Pa. Pendekatan pembelajaran Student Facilitator and Explaining bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII2 MTs Negeri 2 Kabupaten Bolaang Mongondow Timur pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk melihat daya serap siswa yang juga akan mempengaruhi aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas dalam satu siklus dengan dua kali pertemuan. Sehingga data dalam penelitian ini adalah berpikir kritis, aktivitas siswa setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII2 MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Timur, yang berjumlah 22 orang siswa. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa tiap pertemuan, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan; pengamatan kegiatan guru pada siklus 1 (pertemuan 1) mencapai 77%. Kemudian pada siklus I (pertemuan II) mencapai 96%. Hasil belajar siswa pada siklus I (pertemuan I) mencapai 56%. Sedangkan pada siklus I (pertemuan II) mencapai 88%. Maka dapat di simpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII2 MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Timur. Kata Kunci : pendekatan pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelasi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011