SKRIPSI

Penulis / NIM
NANDA N. KANOI / 221412049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK NANDA KANOI 221 412 049. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Bamboo Dancing di kelas VIII SMP Negeri 04 Satap Biluhu. Skripsi. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 04 Satap Biluhu yang berjumlah 28 siswa. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Bentuk peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, dan melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni: (1) hasil pengamatan kreativitas belajar siswa pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 39,28% atau 11 orang yang memperoleh nilai 75 ke-atas kemudian pada siklus 1 pertemuan kedua terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai 89,29% atau 25 orang yang memperoleh nilai diatas KKM 75. (2) selanjutnya untuk hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik mencapai 41,67% pada siklus 1 pertemuan pertama dan lebih meningkat menjadi 100% pada siklus 1 pertemuan kedua. (3) kreativitas belajar siswa yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik mencapai 39,28% siklus 1 pertemuan pertama dan kemudian meningkat menjadi 89,29% pada siklus 1 pertemuan kedua. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 04 Satap Biluhu. Kata kunci: Kreativitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Bamboo Dancing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011