Penulis / NIM
FIRMAN BOBIHU / 221412050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Firman Bobihu (Echy) 221 412 050. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Modeling The Way Di Kelas VII SMP Negeri 4 Randangan Satu Atap. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Hj. Maisarah Sunge SH,MH dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 4 Randangan Satu Atap. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Modeling The Way di kelas VII SMP Negeri 4 Randangan Satu Atap.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Modeling The Way. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) yaitu pertemuan 1 : jumlah siswa 36 orang , laki-laki 18 orang dan perempuan 18 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 14 (77,78%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 7 (70%), dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 19 orang atau (52.78%). Pertemuan 2 jumlah siswa 36 orang , laki-laki 18 orang dan perempuan 18 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 16 (88,89%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 9 (90%), dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 26 orang atau (72.22%). Pertemuan 3 : jumlah siswa 36 orang , laki-laki 18 orang dan perempuan 18 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 18 (100%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) 10 (100%), dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 33 orang atau (91.67%). Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VII SMP Negeri 4 Randangan Satu Atap.
Kata Kunci : Pembelajaran Modeling The Way dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas