Penulis / NIM
SALMA DETU / 221412051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
SALMA DETU. 2016. " Strategi Pendayagunaan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Negeri 1 Dengilo Kabupaten Pohuwato" dengan pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.pd dan pembimbing II Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si Skripsi. Program Studi Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran oleh guru PKn dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Dengilo Kabupaten Pohuwato, Untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Menyebabkan penggunaan Media Pembelajaran dalam mata pelajaran PKn di SMK Negeri 1 Dengilo Kabupaten Pohuwato dan untuk mengetahui upaya yang di lakukan oleh guru untuk penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran PKn di SMK Negeri 1 Dengilo Kabupaten Pohuwato.
Metode kualitatif dengan pendekatan (studi kasus), dimana peneliti mencoba memahami seluruh kegiatan dan peristiwa-peristiwa yang ada hubungannya dengan obyek penelitian yaitu strategi penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Dengilo Kabupaten Pohuwato.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran PKn di SMK Negeri 1 Dengilo Kabupaten Pohuwato belum efektif. Hal ini bisa kita lihat dalam kegiatan pembelajaran media yang sering digunakan guru PKn berupa media chart dan buku cetak untuk penggunaan LCD memang sudah ada akan tetapi jarang digunakan oleh guru PKn karena menganggap terlalu rumit dan terbatasnya media bersangkutan. Faktor-faktor yang menyebabkan penggunaan media pembelajaran antara lain dipengaruhi oleh kemampuan guru PKn masih kurang dalam mengoperasikan media pembelajaran khususnya LCD, pendidik lebih menyukai metode konversional karena lebih mudah dan praktis, sarana dan prasarana yang terbatas, dan pengawasan pimpinan. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru untuk penggunaan media pembelajaran, yaitu melakukan pelatihan kepada pendidik dan meningkatkan manajemen penggunaan media pembelajarn, dan mengkomunikasikan rencana penggunaan media pembelajaran modern di sekolah.
Kata Kunci: Strategi pendayagunaan dan Media pembelajaran
Download berkas