Penulis / NIM
FAISAL MAMONTO / 221412052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Faisal Mamonto. 221 412 052. Skripsi. âPerilaku Bullying Teman Sebaya Pada Siswa Kelas IX SMP Cokroaminoto Kotamobagu â. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Hj. Maisara Sunge, SH, MHdan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. 2018
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku bullying teman sebaya dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku bullying teman sebaya pada siswa kelas IX SMP Cokroaminoto Kotamobagu.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Peneliti mengambil data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah peserta didik yang pernah menjadi pelaku dan korban bullying. Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling, Pembina Osis, dan Wali Kelas.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitan menunjukan bahwa: (1) bentuk-bentuk bullying di SMP Cokroaminoto (a) bullying Fisik; memukul, menendang, mendorong, (b) bullying verbal: Mengolok-olok, mengejek, mengancam, dan (c) bullying cyber/elektronik mempermalukan menggunakan media sosial. (2) Faktor penyebab terjadinya bullying: (a) Faktor keluarga menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying di kalangan peserta didik, karena keluarga yang kurang harmonis, tidak utuh (orang tua meninggal atau bercerai), proses sosialisasi tidak sempurna dari keluarganya, komunikasi yang tidak lancar antara orang tua dan anak, serta pola asuh yang tidak adil. (b) Faktor teman sebaya menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying dikalangan peserta didik, karena tingginya intensitas komunikasi antar teman sebaya yang memungkinkan peserta didik ini terhasut oleh teman-temannya yang berorientasi negatif, adanya faktor ingin diakui oleh anggota teman kelompok sebayanya, menjaga eksistensi kelompoknya dimata peserta didik lainnya. (c) Faktor media massa menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying dikalangan peserta didik, karena adanya penyalahgunaan media sosial sebagai media untuk melalukan bully.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa perilaku bullying adalah bentuk tindakan atau perilaku negatif peserta didik. Faktor yang mempengaruhi perilaku bullying adalah Faktor keluarga, faktor teman sebaya dan faktor media massa.
Kata Kunci : PerilakuBullying, Peserta didik.
Download berkas