SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRA FIRNANDA KAUNE / 221412053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK Fitra Firnanda Kaune 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Model Pembelajaran Round Table di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc dan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Round Table pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan model pembelajaran Round Table. Dapat dilihat pada siklus dengan menggunakan lembar kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: jumlah siswa 26 orang, hasil lembar kegiatan guru dari 18 aspek yang mencapai sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 72%, pada lembar kegiatan siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 50%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 11 orang atau 42%. Pertemuan 2: jumlah siswa 26 orang, hasil lembar kegiatan guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 89%, pada lembar kegiatan siswa dari 10 aspek yang mencapai criteria sangatbaik (SB) dan baik (B) sebanyak 80%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 18 orang atau 69%.Pertemuan 3: jumlah siswa 26 orang, hasil lembar kegiatan guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 100%, pada lembar kegiatan siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 100%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 22 orang atau 85%. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Round Table dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Round Table.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011