Penulis / NIM
FIRMANSYAH ABDULLAH / 221412055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Firmansyah Abdullah 221 412 055. âMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas X1 Sma Negeri 4 Gorontalo Utaraâ Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X1 SMA Negeri 4 Gorut. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Debat di kelas X1 SMA Negeri 4 Gorut.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Debat. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) yaitu pertemuan 1 : jumlah siswa 23 orang, laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 19 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 2 (10,5%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 3 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak (42,9%). Pertemuan 2 jumlah siswa 23 orang , laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 19 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 13 (67,11%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 3 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak (91,1%). Pertemuan 3 : jumlah siswa 23 orang , laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 19 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 19 (100%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 3 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) kemampuan (100%). Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Debat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya di Kelas X1 SMA Negeri 4 Gorut.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Debat dan Motivasi Belajar
Download berkas