SKRIPSI

Penulis / NIM
INTAN ADISTIANA IMAN / 221412058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 9990393181
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK Intan Adistiana Iman 221 412 058. ‘’ Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Jerold E. Kemp Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sangtombolang’’. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Hj. Maisarah Sunge SH, MH dan Rasyid Yunus, S.Pd, M.Pd Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jerold E. Kemp di kelas VIII SMP Negeri 4 Sangtombolang Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten BolaangMongondow. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas,dengan menggunakan model pembelajara Jerold E. Kemp. I siklus yang terdiri dari III pertemuan, Teknik pengumpulan data ini menggunakan. Lembar hasil pengamatan aktivitas guru, Lembar hasil pengamatan aktivitas siswa peserta didik selama mengikuti pembelajran.Data hasil belajar peserta didik pada setiap pembelajaran. Adapun analisi data akan diketahui apakah kekuatan dan kelemahan yang terjadi selama proses belajar berlangsung,kemudian ditindak lanjuti pada kegiatan berikutnya serta menjadikan bahan untuk menyusun laporan penelitian Hasil penelitian menunjukan pertemuan I, siswa yang tuntas mencapai 46% atau sebanyak 12 siswa, artinya masih ada 14 orang siswa atau 54% yang belum mencapai kriteria ketuntasan, kemudian dilanjutkan siklus I pertemuan I maka diadakan siklus I pertemuan II. Hasil yang diperoleh dari siklus I pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriterian ketuntasan sabanyak 17 orang atau 65% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 9 orang atau 35%. Karena pertemuan II ini masih terdapat 9 siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan maka dilanjutkan siklus I pertemuan III. Hasil yang diperoleh pada pertemuan III ini siswa yang tuntas mencapai 24 orang atau 92% sedagkan yang belum mencapai kriteria ketuntasan tinggal terdapat 2 orang siswa atau 8%. Sehingga pertemuan III sebagai perbaikan siklus I pertemuan I dan II. hasilnya meningkat yaitu sebanyak 92% atau 24 orang siswa yang memiliki nilai sangat baik dari 26 siswa di kelas VIII. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajran Jerold E. Kemp, apabila diterapkan dengan baik maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Sangtombolang Kec. Sangtombolang, Kab Bolaangmongondow KATA KUNCI : Motivasi belajar PPKn, Model Pembelajaran Jerold E. Kemp
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011