SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD IKBAL BAKARI / 221412063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK Moh.IkbalBakari. 2016, 221412063 MeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranPPKnDengan Model Pembelajaran Round Robin Brainstorming Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Batudaa. Skripsi.Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi Pkn, Fakultas Ilmu Social Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbinganIbu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M,Pd selaku pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa terkait materi ajar khususnya pelajaran PPKn. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Round Robin Brainstorming. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian mengalami peningkatan. Hasil belajar yang awalnya masih terhitung rendah mengalami perubahan dengan adanya penelitian dengan menggunakan dua siklus dalam dua kali pertemuan dengan materi yang sama tapi dengan sub bab yg berbeda dan dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai persentase 33,4% atau 8 siswa yang tingkat hasil belajarnya sudah tergolong kriteria sangat baik dari jumlah keseluruhan 24 siswa yang di ajar. Dalam siklus I pertemuan pertama ini masi terhitung rendah karena hanya sebagian siswa yang aktif dalam proses pembelajaran, maka dari itu, dilanjutkan ke siklus II pertemuan kedua dengan tujuan agar keseluruhan siswa mendapatkan nilai hasil belajar yang sangat baik. Siklus II pertemuan kedua ini mempunyai persentase yang mengalami peningkatan yaitu 91,7% atau 22 siswa dari jumlah keseluruhan 24 siswa yang sudah tergolong kriteria sangat baik. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn dengan menggunakan model pembelajaran Round Robin Brainstorming tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci :HasilBelajar,PPKn, Model Round Robin Brainstorming.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011