Penulis / NIM
NUR'AIN FAJARWATI DAWANGI / 221412064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni bagaimanakah kinerja aparatur sumber daya manusia dalam pelayanan E-KTP di Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dan kaitannya terhadap prose pemberian pelayanan publik yang baik. Serta kendala yang dihadapi termasuk strategi aparat sumber daya manusia untuk meminimalisir kendala yang ada di Kecamatan Kota Timur Kota gorontalo
Penelitian ini dilakukan tidak lain bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja aparatur sumber daya manusia dalam pemberian pelayanan- EKTP. Melalui proses yang dilaksanakan dan program yang mendukung terciptanya pelayanan publik yang prima. Selain itu menganalisis kendala yang dihadapi oleh aparat meliputi penggunaan sumber daya tambahan dan juga sumber daya manusia itu sendiri. Pengaruhnya kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sumber daya manusia baik internal maupun internal terhadad kualitas kinerja aparatur sumber daya manusia sebagai pelaksana pelayanan publik. Utamanya pada pembuatan E-KTP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Aparatur Sumber Daya Manusia dalam Pelayanan E-KTP di Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo pada proses awalnya telah sesuai dengan prosedur pembuatan E-KTP melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor No 09 Tahun 2011 tentang Pelayanan Pembuatan E-KTP atau KTP-Elektronik. Pada pelaksanaannya tidak dapat dipungkiri adanya kendala teknis yang menjadi penghambat seperti yang ditemui di lapangan tentang kurangnya daya listrik di Kecamatan dan alat perekaman data Iris yang pada penggunaannya kadang mengalami error. Selain itu perlu diperhitungkan juga apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan internal maupun eksternalnya terhadap kualitas kinerja diantaranya kemampuan, tingkat pekerjaan yang dilakukan, kenyamanan kerja, perhatian pimpinan serta dukungan masyarakat. Inilah yang menjadi tolak ukur terwujudnya apa yang menjadi prinsip dan tujuan pelayanan publik.
Kata Kunci : Kinerja Aparatur Sumber daya manusia, Pelayanan E-KTP
Download berkas