SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMLA J. MORIDU / 221412069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK Ramla Moridu. 2017, 221 412 069 Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Journals Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc selaku pembimbing I dan bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman belajar siswa tentang materi ajar. Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Learning Journals atau jurnal belajar sesuai materi ajar. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama menghasilkan nilai dengan presentase 38,09% atau 8 siswa yang sudah paham dalam proses pembelajaran dari jumlah keseluruhan 21 siswa. Dalam siklus I pertemuan pertama ini masih terhitung rendah karena hanya sebagiannya saja yang paham terhadap materi ajar. Maka dari itu, dilanjutkan ke siklus II pertemuan kedua dengan tujuan agar keseluruhan siswa paham terhadap materi pelajaran. Siklus II pertemuan kedua ini mempunyai presentase yang mengalami peningkatan yaitu 95,23% atau 20 siswa dari jumlah keseluruhan 21 siswa yang terbilang sudah mengalami peningkatan pemahaman belajar. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Learning Journals telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci: Pemahaman Belajar,Model Learning Journals
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011