Penulis / NIM
HARTATI I. WANTU / 221412070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS XIIPA DI SMA MUHAMMADIYAH BATUDAA
Hartati I. Wantu, *Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd**Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd
Jurnal
ABSTRAK
Hartati I. Wantu. 2016, 221 412 070 Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pmbelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terkait materi ajar khususnya pelajaran PPKn. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah PBI (Problem Based Introduction) yang berdasarkan pada masalah yang ada sesuai materi ajar.
Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa kelas XIIPA SMA Muhammadiyah Batudaa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai persentase 64,28% atau 18 siswa yang mampu berpikir kritis dari jumlah keseluruhan 28 siswa yang diajar. Dalam siklus I pertemuan pertama ini masih terhitung rendah karena hanya sebagiannya saja yang mampu berpikir kritis sedangkan sebagiannya lagi masing terbilang belum mampu berpikir kritis. Maka dari itu, dilanjutkan ke siklus II pertemuan kedua dengan tujuan agar keseluruhan siswa mampu berpikir kritis. Siklus II pertemuan kedua ini mempunyai persentase yang mengalami peningkatan yaitu 96,42% atau 27 siswa dari jumlah keseluruhan 28 siswa yang terbilang sudah mampu berpikir kritis.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Introduction) telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Model Problem Based Introduction
Download berkas