Penulis / NIM
PARLAWANTO MOHAMAD / 221412074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
PARLAWANTO MOHAMAD, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I : Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd, Pembimbing II : Rasid Yunus, S. Pd, M. Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation di kelas VII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VII-2 sebanyak 15 laki-laki dan 8 perempuan.
Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 69 %, dan pertemuan kedua 74% kemudian setelah diadakan perbaikan pada pertemuan ketiga hasilnya meningkat menjadi 83 % dari 23 orang jumlah siswa di kelas VII-2.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VII-2 SMP Negeri 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Group Investigation
Download berkas