Penulis / NIM
FITRIYANI IRIYANTO / 221413004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 9990393181
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar di kelas VII A SMP Negeri 1 Kabila. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Kabila dengan jumlah 33 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi tes. Teknik pengolaan dan analisis data yaitu menggunakan kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yaitu 76, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85 % dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 22 siswa yang nilai mencapai KKM dan Ketuntasan Klasikal 66 % dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Hasil pengamatanan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mencapai 81 % dan pada siklus II pertemuan I memperoleh 94%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikelas VII A SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Auditory Intellectualy Repetition
Download berkas