Penulis / NIM
YOLANDA IDRIS / 221413006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Yolanda Idris, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Gabungan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Talking Stick Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Kabila. Skripsi. Pembimbing I: Asmun W. Wantu, S.Pd. M.Sc. dan Pembimbing II: Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII MTs.Muhammadiyah Kabila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan gabungan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Talking Stick Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Kabila.
Hasil Penelitian dapat dilihat pada pertemuan 1 : jumlah siswa 17 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 9 orang, hasil observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 30%, observasi kegiatan guru dari 19 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB), baik (B) sebanyak 90%, hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 77 atau tuntas adalah 10 orang atau 58%. Pertemuan 2 : jumlah siswa 17 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 9 orang, hasil observasi kegiatan siswa dari 6 aspek, kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 76%, observasi kegiatan guru dari 19 aspek, kriteria sangat baik (SB), baik (B), sebanyak 95%, hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 77 atau tuntas adalah 13 orang atau 76%. Pertemuan 3 : jumlah siswa 17 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 9 orang, hasil observasi kegiatan siswa dari 6 aspek, kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 94%, observasi kegiatan guru dari 19 aspek, kriteria sangat baik (SB), baik (B), sebanyak 100%, hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 77 atau tuntas adalah 16 orang atau 94%.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila.
Kata kunci : Model Student Facilitator And Explaining dan Talking Stick, Hasil Belajar
Download berkas