Penulis / NIM
NUR AFNI ALI / 221413009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Nur Afni Ali. 2013. " Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Listening Team Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas XI IPS-3 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabila. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam penelitiian ini Apakah melalui model pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas XI ips 3 sekolah menengah atas negeri 1 kabila? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA NEGERI 1 KABILA pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran Listening Team.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran Listening Team yang dilakukan dengan 1 Siklus dua kali pertemuan, di mana Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) yaitu 75 dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% . Pada siklus 1 pertemuan pertama keberanian siswa mengemukakan pendapat mencapai 21 siswa atau 75%, setelah diadakan siklus 1 pertemuan kedua meningkat menjadi 25 siswa atau 89,28%. Ini berarti penelitian telah tercapai.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS-3 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabila.
Kata Kunci : Kemampuan, Model, Pembelajaran, Listening Team.
Download berkas