SKRIPSI

Penulis / NIM
JEFRI YUNUS / 221413010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTARK Jefri Yunus. 2017. " Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Group Investigation dan Strategi Pembelajaran Inquiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IX2 SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus 2 kali pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas IX2 SMP Negeri 1 Tilango. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX2 SMP Negeri 1 Tilango dengan jumlah 22 siswa yang terdiri 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes.Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indicator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 14 siswa yang aktif dan ketuntasan klasikal sebesar 63% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 19 siswa yang aktif dan ketuntasan klasikal kelas adalah 86% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas padasiklus I pertemuan I dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dan Strategi Pembelajaran Inkuiri menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran pada siklus I pertemuan I mencapai 69% dan pada pertemuan 2 mencapai 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group investigation dan strategi pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IX2 SMP Negeri 1 Tilango. Kata kunci : Hasil Belajar, Group Investigation, dan Strategi Pembelajaran Inquiri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011