Penulis / NIM
NOFITA KARIM / 221413011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TEAM QUIS DAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TILANGO
ABSTRAK
NOFITA KARIM. 2017. âMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Taem Quis dan Talking Stick di kelas VII2 SMP Negeri 1 Tilangoâ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di Kelas VII2 SMP Negeri 1 Tilango. Adupun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Team Quis dan Talking Stick. Peneliitan ini diharapkan dapat bermanfaat bag peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti.
Adapun subjek penelitian tindakan kelas ini adalah Kelas VI 2 SMP Negeri 1 Tilango yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 12 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 60% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 17 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 85% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan model pebelajaran Team Quis dan Talking Stick menunjukan bahwa kelas VII2 Negeri 1 Tilango kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran mencapai 57% dan pada pertemuan 2 mencapai 85%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Quis dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII2 SMP Negeri 1 Tilango.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Tiem Quis dan Talking Stick
Download berkas