SKRIPSI

Penulis / NIM
RIDWAN SAID / 221413013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK RIDWAN SAID. 2017. ..."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Gabungan Model Pembelajaran Problem Bassed Introduction dan Debate Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas £-VIII£-^ SMP Negeri 6 Botumoito Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Gorontalo, Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 6 Botumoito Kabupaten Boalemo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui gabungan model pembelajaran Problem Bassed Introduction dan Debate di Kelas VIII^ SMP Negeri 6 Botumoito. Penelitan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, guru, peserta didik dan peneliti. Adapun subjek penelitian tindakan kelas VIII^ SMP Negeri 6 Botumoito ini adalah 2016/2017. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 12 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 60% dari ketuntasan yang telah ditetapkan dan pada siklus I pertemmuan II terdapat 16 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 80% . Hasil Pengamatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan gabungan model pembelajaran Problem Bassed Introduction dan Debate menunjukan bahwa di kelas VIII^ SMP Negeri 6 Botumoito kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran siklus I pertemuan I mencapai 69% dan pada pertemuan II mencapai 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gabungan model pembelajaran Problem Bassed Introduction dan Debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII^ SMP Negeri 6 Botumoito Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn, Model Problem Bassed Introduction, Debate
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011