Penulis / NIM
IMELCHARIS V. IMON / 221413014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
Abstrack
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus 2 kali pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Mananggu. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Mananggu dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 76, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 16 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 68% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 20 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 95% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan gabungan model pembelajaran Keliling Kelompok dan Scramble menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran mencapai 67%. Siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Keliling Kelompok dan Scramble pada siklus I pertemuan I memperoleh skor 3 (baik) dan siklus I pertemuan II memperoleh skor 4 (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Keliling Kelompok dan Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIIA SMPN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Kata kunci : Hasil Belajar, Keliling Kelompok dan Scramble
Download berkas