Penulis / NIM
LIAWATI PAKANA / 221413016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
LIAWATI PAKANA. 2017. ..."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Gabungan Model Example Non Example dan Thing Pair Share di Kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri 2 Botumoito. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di Kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri 2 Botumoito. Adupun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Example Non Example Dan Thing Pair Share. Peneliitan ini diharapkan dapat bermanfaat bag peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti.
Adapun subjek penelitian tindakan kelas ini adalah Kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri 2 Botumoito yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 19 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 76% dari ketuntasan yang telah ditetapkan dan pada siklus I pertemmuan II terdapat 22 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 88% . Hasil Pengamatan guru didaam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan gabungan model Example Non Example Dan Thing Pair Share menunjukan bahwa di kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri 2 Botumoito kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran mencapai 65% dan pada pertemuan II mencapai 91%. Siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan gabungan model Example Non Example Dan Thing Pair Share pada siklus I pertemuan I memperoleh skor 3 ( baik ) dan siklus I pertemuan II memperoleh skor 3,7 ( baik sekali )
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gabungan model Example Non Example dan Thing Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri 2 Botumito
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Example Non Example, dan Thinng Pair Share
Download berkas