Penulis / NIM
OCTA LIBRATA ZUMAIR / 221413017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS £-VII£-^3 SMP NEGERI 1 TILANGO KABUPATEN GORONTALO
ABSTRAK
OCTA LIBRATA ZUMAIR. 2017. ..."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi dan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas £-VII£-^3 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Gorontalo,
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di Kelas VII^3 SMP Negeri 1 Tilango. Adupun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Diskusi dan model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VII^3 SMP Negeri 1 Tilango. Peneliitan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru,siswa, sekolah, dan peneliti.
Adapun subjek penelitian tindakan kelas VII^3 SMP Negeri 1 Tilango ini terdaftar pada tahun 2016/2017. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 15 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 65% dari ketuntasan yang telah ditetapkan dan pada siklus I pertemuan II terdapat 20 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 87% . Hasil Pengamatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan metode Diskusi dan model pembelajaran Example Non Example menunjukan bahwa di kelas VII^3 SMP Negeri 1 Tilango kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran siklus I pertemuan I mencapai 68% dan pada pertemuan II mencapai 88%. Siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode Diskusi dan model pembelajaran Example Non Example pada siklus I pertemuan I memperoleh presentase 60% dan siklus I pertemuan II memperoleh presentase 90%
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Diskusi dan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII^3 SMP Negeri 1 Tilango
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi dan model pembelajaran Example Non Example
Download berkas