Penulis / NIM
INDRAWATI RAHMOLA / 221413020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
INDRAWATI RAHMOLA. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Buzz Ggoup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIII.I SMP Negri 2 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo.Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Gorontalo,
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Botumoito. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Buzz Group dengan langkah-langkah mengidentifikasi masalah; mengumpilkan data, menganalisis data, memecahkan masalah berdasarkan pada data yang ada dan analisisnya, memelihara cara untuk memecahkan masalah, merencanakan penerapan pemecahan masalah, melakukan uji coba terhadap rencana yang di tetapkan; dan melakukan tindakan untuk memecahkan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada pertemuan 1 hasil belajar siswa di kelas VIII.1 SMP Negri 2 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo telah menunjukkan peningkatan yaitu rata-rata siswa yang tuntas sebanyak 20 orang atau 74% dan siswa tidak tuntas sebanyak 7 orang atau 26%. Karena hasil tersebut indicator keberhasilan maka di lanjutkan pada pertemuan berikutnya. Pada pertemuan 2, meningkat secara signifikan yaitu rata-rata siswa yang tuntas sebanyak 23 orang atau 85% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau 15% hasil tersebut telah sesuai dengan indicator hasil belajar yang telah di tetapkan yaitu 85 % sehingga penelitian ini telah berhasil dan tidak perlu lagi di lanjutkan.
Kesimpulan hasil penelitian bahwa dalam upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIII.I SMP Negri 2 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Buzz Group. Berdasarkan pengalaman peneliti, model pembelajaran tersebut telah meningkatkan aktivitas belajar dan pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Buzz Group
Download berkas