Penulis / NIM
MARYAM MUSTAFA / 221413034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Mustafa, NIM. 221 413 034. ..."Penerapan Model Pembelajaran Point Couter Point Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn dikelas VIII2 SMP Negeri 1 Tilango. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. 2017.
Penelitian ini dilatar-belangi kurangnya antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta keaktivan siswa membahas tema pembelajaran, siswa membahas mengenai pelaksanaan demokrasi dalam aspek kehidupan, serta kurangnya kerja sama kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Point Counter Point pada siswa kelas VIII2 SMPNegeri 1 Tilango.
Siswa yang dikenakan tindakan sejumlah 21 orang yang merupakan siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tilango tahun ajaran 2016/2017. Indikator kinerja adalah 86% atau 18 orang siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tilango Hasil analis data diperoleh, Aktivitas belajar yang menunjukkan keaktifvan dan ketekunan pada prasiklus hanya 9 orang siswa (43%) dan meningkat menjadi 14 orang siswa (67%) pada siklus 1 pertemuan pertama, serta pada sikus 1 pertemuan kedua menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan menjadi 18 orang (86%) dari jumlah siswa 21 orang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Point Counter Point dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tilango.
Kata kunci : Aktifitas Belajar Siswa, Point Counter Point (PCP).
Download berkas