Penulis / NIM
ISMAIL IBRAHIM / 221413038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Ismail Ibrahim 2020. Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui media aplikasi Zoom pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Mootilango, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa melalui media aplikasi Zoom pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan media aplikasi Zoom. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: Jumlah siswa 28 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 13 orang. Hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 22%, pada pengamtan aktifitas siswa dari 4 aspek yang mencapai kriteria penilaian tersebut kategori "merepon penjelasan guru "hanya mencapai 15 orang siswa (54%), kemudian kategori "kemampuan dalam bertanya mencapai 14 orang siswa (50%), selanjutnya kategori "disiplin dan bertanggung jawab mencapai 11 orang siswa (39%), dan kategori "mampu menarik kesimpulan mencapai 8 orang siswa (29%).. Pertemuan 2: Hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 89%. Pada hasil pengamatan aktifitas siswa dari 4 aspek yang mencapai kriteria penilaian tersebut kategori "merepon penjelasan guru " mencapai 28 orang siswa (80%), kemudian kategori "kemampuan dalam bertanya mencapai 25 orang siswa (89%), selanjutnya kategori "disiplin dan bertanggung jawab mencapai 23 orang siswa (82%), dan kategori "mampu menarik kesimpulan mencapai 23 orang siswa (82%).
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan media aplikasi Zoom dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa khususnya di Kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango.
Kata Kunci: Aktiviras Belajar, Media Aplikasi Zoom.
Download berkas