SKRIPSI

Penulis / NIM
IQBAL SAPUTRA MALIK / 221413042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK IQBAL SAPUTRA MALIK, NIM 221413042 ..."MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI KELAS VII3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BATUDAA. Dengan Pembimbing I Ibu Hj. Maisarah Sunge, SH, MH, dan Pembimbing II Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Univesitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa tentang kemerdekaan mengeluarkan pendapat pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Pair Check di kelas VII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batudaa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batudaa. Permasalahan utama penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan menggunkan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa mengacu pada lembar hasil penilaian yang mana pemahaman siswa mencapai 43,48% pada siklus I petemuan pertama, terlihat bahwa tingkat pemahaman siswa pada petemuan pertama masih kurang baik, dengan hasilpeneliti masih mengadakan petemuan kedua hasil yang dicapai 65,21%, hasil pertemuan yang kedua ini masih cukup dan dilanjutkan pada pertemuan yang ketiga mencapai hasil 86,95%, ini berati penelitian dalam segi pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn telah tercapai. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di SMP Negeri 2 Batudaa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kata Kunci : Model Pembelajaran Pair Check, Pemahaman siswa, Pelajaran PPKn
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011