Penulis / NIM
MOHAMAT ARIFLAROIBAFIRAHMATTULAH LARITA / 221413043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
MOH Arif Laroi Bafirahatulah Larita, 2018. Penerapa Model Pembelajara Mind Mappin. Skripsi. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH,MH, Pembimbing II Dr. HjZulaecha Ngiu, M.Pd, M.Pa Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengajarkan siswa aktif keryatif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIA Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lolak.Tujuan penelitian ini yaitu membagun kereatif dan menamba daya igat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di MTS Negeri 1 Lolak dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pkn dengan Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitaif dengan judul Penerapan model pembelajaran Mind Mapping .Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Subjek penelitian adalah kelas VIIA yang berjumlah 23 orang terdiri dari laki-laki 13 orang siswa dan perempuan 10 orang siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh dari 2 kali pertemuan untuk merangsang daya inga dan kereatif belajar siswa.
Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan demikian penjelaslah diatas bahwa Penerapan model pembelajaran Mind Mapping bisah membantu daya igat belajar siswa lebih baik dan kereatif mengalami peningkatan. berdasarkan uraian di atas maka melalui Penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada matapelajaran pendidkan kewarganegaraan di kelas VIIA MTS Negeri 1 Bolaang Mogondow kecamatan Lolak.
Kata Kunci : Pembelajaran Mind Mapping
Download berkas