Penulis / NIM
ZAMAL / 221413045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSRAK
Zamal 221413045 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dan Student Team Achievement Division (STAD), Di Kelas X TBP1, SMK Gotong Royong Gorontalo" Tugas Akhir Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Dr Zulaecha Ngiu M.Pd dan Pembimbing II Asmun W. Wantu S.Pd M.Sc.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Gotong Royong Gorontalo. Adapun rumusan masalah pada penelitian ni adalah "Apakah Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dan Student Team Achievement Division (STAD) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Goontalo ?" pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan guru, lembar pengamatan kkeaktian siswa dan lembar kerja siswa ( tes urayan ). Penelitian ini di laksanakan di SMK Gotong Royong Gorontalo di kelas X TBP1 dengan subjek penelitian sebanyak 16 orang peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini meliputi tahab perencanaan di lakukan peneliti yang berkolaborasi dengan Guru mitra. Tahab tindakan peneliti melakukan pembelajaran dalam kelas yang diawasi langsung olleh guru mitra dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) Dan Student Team Achievement Division (STAD) dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran dan keaktifan siswa yang kemudian dilanjutkan dengan tahab analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil tes secara tertulis dalam proses pengambilan data pada saat meneliti adapun capayan hasil belajar siswa adalah Dengan memperhatikan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa dari observasi awal sebesar 62,63% meningkat menjadi 71,63% pada siklus I atau terjadi peningkatan sebesar 9%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% atau terjadi peningkatan sebesar 13,37% dari siklus I. Dari dari urayan tersebut keaktifan belajar siswa suda mengalami peningkatan sesuai dengan predikat baik dan suda mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum ( KKM) .
Kata Kunci : Hasil Belajar,Think Pair Share (TPS),Student Team Achievement Division (STAD), PPKn
Download berkas