Penulis / NIM
FITMAN ANDILAS / 221413050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Fitman Andilas. 221413050. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalaui Strategi Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas ) Di Kelas Viiia Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Gorontalo''. Tugas akhir skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan , Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing 1. Dr.Hj.Zulaecha Ngiu, M.Pd dan pembimbing 2. Asmun W.Wantu, S.Pd,M.Sc.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus 2 kali pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 16 Kota Gorontalo . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 16 Kota Gorontalo dengan jumlah 24 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 18 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 75% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 22 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 91,67% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan melalui startegi pembelajaran Mastery learning (belajar tuntas) menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran mencapai 66,67% dan pada pertemuan 2 mencapai 93,33%. Siswa dalam proses pembelajaran dengan melalui strategi pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) .
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIIA SMPN 16 Kota Gorontalo.
Kata kunci : Hasil Belajar, Strategi Mastery Learning (Belajar Tuntas)
Download berkas