Penulis / NIM
RAHMAWATI INAKU / 221413055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
RAHMAWATI INAKU. 2017. "Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Learning Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kreatifitas Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Botumoito. Skripsi. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar kreatifitas berpikir siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter. Peneliitan ini diharapkan dapat bermanfaat bag peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti.
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah Kelas VIII SMP Negeri 4 Botumoito yang berjumlah 35 orang siswa. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, dan melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap pertemuan.
Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan terhadap kreatifitas berpikir siswa pada mata pelajaran PKn yakni: (1) hasil pengamatan kreatifitas berpikir siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 60% atau 21 orang yang memperoleh nilai 75 keatas kemudian pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan kreatifitas berpikir siswa yaitu mencapai 87% atau 30 orang siswa yang mencapai target diatas 75. (2) selanjutnya untuk hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik mencapai 75% pada siklus I pertemuan I dan lebih meningkat menjadi 100% pada siklus I pertemuan II. (3) kreatifitas berpikir siswa yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik mencapai 60% pada siklus I pertemuan I dan kemudian meningkat menjadi 87% pada siklus I pertemuan II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter dapat meningkatkan kreatifitas berpikir siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 4 Botumoito.
Kata Kunci : Kreatifitas Berpikir, Quantum Learning Bermuatan Karakter
Download berkas