Penulis / NIM
MELPI TOMAYAHU / 221413057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Melpi Tomayahu. 2018. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa di SMP Negeri Momalia. Program Studi Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Negeri Momalia. Fokus permasalahan adalah bagaimana peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Negeri Momalia. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yakni guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), kepala sekolah dan siswa SMP Negeri Momalia. Pengambilan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa peran guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri Momalia dalam mengatasi perilaku agresif adalah: (1) sebagai agen moral yakni guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertindak dalam memberi petunjuk dan mensosialisasikannya kepada seluruh siswa; 2) sebagai pembimbing/pengarah yakni guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertindak memberikan pembinaan, pencerahan dan pengarahan dari bentuk perilaku negatif menjadi perilaku positif kepada siswa; 3) sebagai model yakni guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertindak memberikan contoh perilaku yang diperlihatkan kepada siswa sehingga dapat ditiru oleh siswa; 4) sebagai pemberi sanksi yakni guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertindak dalam memberikan keputusan terhadap bentuk sanksi yang layak dan seharusnya diberikan kepada siswa yang melakukan perilaku agresif.
Kata kunci: Peran Guru PKn, Perilaku Agresif.
Download berkas