Penulis / NIM
PRATIWI MANANGIN / 221413071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Pratiwi Manangin. 221 413 071. 2017. Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Probing-Prompting Di Kelas VIII3 SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc selaku Dosen Pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa di kelas VIII3 SMP Negeri 6 Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting, dan memperoleh hasil dengan kriteria sangat paham memperoleh presentase 23,4 % atau sebanyak 7 orang siswa, dalam kriteria paham memperoleh presentase 53,3 % atau sebanyak 16 orang siswa, dalam kriteria cukup paham memperoleh presentase 20 % atau sebanyak 6 orang siswa, kemudian dalam kriteria kurang paham memperoleh presentase 3,3 % atau 1 orang saja Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing-Prompting telah berhasil meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Probing-Prompting dapat diterapkan khususnya pada guru kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran, Probing-Prompting
Download berkas